Rute Pawon Baduk.

Rabu, 29 Juli 2020.

Foto : Irwan


Hari itu saya gowes dengan rute dan objek tujuan yangi masih sama dengan rute minggu sebelumnya dan ini sudah ketiga kalinya. Bukannya kehabisan ide, tapi memang tujuannya mengulangi dan mengingat rute yang ditunjukkan oleh seorang teman minggu lalu. Maklum yang diajak mancal sudah nggak lagi muda, kalau cuma sekali nggak bakalan hapal rutenya. Apalagi jalur yang dilewati bukan melulu jalan umum. Jadi untuk foto-foto yang ada ini adalah kumpulan  dari ketiga aktifitas bersepeda  di rute yang sama tersebut.


Tikum (titik kumpul) masih tetap sama. Di Depot Maninjau yang berada di Jalan Danau Maninjau Raya, kawasan perumahan Sawojajar Malang. Rekomended dijadikan tikum, karena depotnya sendiri udah buka pagi-pagi banget. Jadi pasti nggak bakalan nganggur di tikum walaupun ada rekan yang telat datang. Yah minimal bisa ngopi atau sekedar minum teh sambil menunggu teman mancal datang. Kalaupun mau makanan berat, udah tersedia beberapa macam menu masakan lezat dengan harga yang ramah di kantong.


Start.

Satu persatu teman datang. Bersamaan berkurangnya isi teh panas manis dalam gelas yang disuguhkan. Kami pun akhirnya berangkat berdelapan. Melintasi Jl Danau Maninjau Raya menuju arah Sekarpuro. Kami masuk ke Jalan Melati hingga masuk ke areal persawahan yang menghantarkan rombongan kami melewati terowongan bawah jalan tol Malang-Surabaya. Lepas itu disambut jalan tanah berbatu yang menurun, melintasi tikungan L dan jembatan dari  bambu, lalu disambut tanjakan. Sayang nya, gowes kali ini harus menuntun di tanjakan karena sedang ada proses pemasangan paving.

Foto: Andy
Foto: Andy

Lepas dari tanjakan disambut sebentar oleh jalan aspal, sampai diujung arah belokan, rombongan masuk ke jalur setapak memasuki perkebunan. Jalur sempit tapi datar, tak bisa melaju cepat disini karena sempit dan berbelok-belok. 


Rute ini asik, medannya lumayan komplit, hampir semua ada. Tanjakan, turunan, jalan aspal, jalan tanah, paving, menyusuri sungai, kebun, sawah, bahkan ada beberapa titik bisa dijadikan spot foto sambil beristirahat. Untuk yang baru mulai bersepeda ini bisa sebagai rekomendasi menambah jam terbang, apalagi menghadapi tanjakan.




Akhirnya, rombongan kami sampai di titik tujuan, Kopi sangit pawon badug yang letaknya disebuah perkebunan dan berada persis dipinggir sebuah sungai. Kami memilih tempat duduk persis dipinggir sungai. Selanjutnya, ritual rutin dimulai. Menyiapkan peralatan masak-mamasak, memasak air, menyiapkan kopi, dan menyantap bekal yang dibawa. Menyantap bekal? Ooowh, ternyata ngga untuk kali ini. Kebetulan salah satu diantara teman rombongan punya keahlian memasak dan sudah mempersiapkan bahan masakan dari rumah. Jadilah, ritual menyantap bekal harus ditunda sembari menunggu sang koki selesai melakukan atraksi memasaknya. Untungnya ada teman yang menyusul dan membawakan roti goreng, walhasil walaupun tertunda, tapi kremi yang ada di perut, masih bisa kami kondisikan. Wkwkwkwk..

Foto: Wawa


Setelah masakan siap, kami langsung menyerbunya sampai ludes. Makan sambil berbincang ngalor ngidul, diantaranya membahas rute gowes dan rencana selanjutnya. Melahap makanan dan menikmati secangkir kopi dengan suasana pinggir kali seperti di tempat ini adalah hal yang luar biasa, jarang, dan ternyata menambah napsu makan. Itu terbukti, dari 8 orang yang makan, tidak ada yang tidak menghabiskan makanannya. Wkwkwkwkwk..

Foto: Irwan

Foto: Wawa

Usai makan dan rehat sejenak, kami berkemas, membersihkan sisa sampah bekas kami memasak dan makan lalu membuangnya ke tempat yang telah disediakan. Sayang rasanya kalo tempat yang masih alami seperti ini harus rusak keindahannya hanya karena tumpukan sampah.

Kami pun kemudian kembali ke rumah masing-masing.

Sampai bertemu dengan rute gowes kami selanjutnya.

Tulisan oleh: Panjul

Related

story 8261872080993980013

Post a Comment

emo-but-icon

Follow Us

http://twitter.com/weeklybikers http://facebook.com/weeklybikers http://feeds.feedburner.com/weeklybikers

newest

popular

Comments

VIDEO

@weeklybikers

Connect Us

Counter

item