Shikoku Cycling Trip #1

Di permulaan Agustus 2019 kami mendapat tawaran untuk mempromosikan rute bersepeda di Shikoku Jepang. Mereka ingin mempromosikan jalur sepeda mengelilingi pulau Shikoku yang melintasi 4 prefektur, yaitu Tokushima,Kagawa,Ehime, dan Kochi. Perlu diketahui bahwa Prefektur adalah sebutan yuridiksi di Jepang mungkin kita biasa menyebutnya provinsi atau semacamnya.
Shikoku merupakan pulau yang terdapat di bagian barat kepulauan Japan.
Pemerintah setempat telah telah menginvestasikan modal yang tidak sedikit untuk membuat nyaman para pengunjung yang ingin menjelajahi pulau ini dengan bersepeda. Fasilitas seperti jalur sepeda yang hampir ditemui diseluruh jalan, rest area dan juga penginapan. Rute sepanjang 1000 kilometer ini menjanjikan keragaman pemandangan, suasana dan juga budaya setempat. Jadi teringat film Taiwan yang berjudul “Island Etude”, film yang mengisahkan seorang remaja yang berpetualang dengan sepeda menempuh rute selama 7 hari, rute di taiwan yang terkenal dengan sebutan “Huandao”.

https://cycling-island-shikoku.com/
Jadi begitulah yang saya coba cari di google tentang rute bersepeda di Shikoku, dan saya pun menerima tawaran dari Tsunagaru Inc. Yang jadi pertimbangan bagi
saya adalah ..ini bakal jadi pengalaman “Island Etude” saya…. mmmm… dalam versi saya…. paling tidak mendekati… apapun lah..
Pertimbangan lain adalah.. bersepeda dengan jangka waktu yang lama mungkin sudah terbiasa tetapi tidak dengan road bike, jadi ini bakal jadi pengalaman
pertama saya dengan sepeda road bike.

Komunikasi dengan perwakilan dari Shikoku berlanjut untuk menyesuaikan segala kebutuhan dan penyesuaian trip, membawa sepeda sendiri dari sini salah satunya, yang jadi masalah adalah dari beberapa sepeda yang kami miliki semuanya adalah sepeda tipe mountain bike, jadi kami memutuskan untuk meminjam sepeda kepada rekan di Polygon dan mereka bersedia meminjam kan sepeda untuk trip ini. Sepeda yang saya pilih adalah Polygon Bend RV, yaitu jenis sepeda gravel, kombinasi antara road bike dengan ukuran ban yang lebih besar yang menurut saya mampu melintasi segala medan. Mereka juga mengundang pesepeda dari Taiwan, Hongkong, dan Thailand untuk turut serta dalam trip Shikoku, saya memiliki cukup banyak waktu hingga bulan Oktober untuk menyiapkan segala sesuatunya termasuk visa dan perlengkapan lain selain sepeda.

Hingga hari keberangkatan tiba segala sesuatu telah siap dan saya pun berangkat via Soekarno Hatta International Airport menuju Tokyo Haneda menggunakan maskapai All Nippon Airways. Penerbangan menempuh waktu sekitar 6 jam setengah.

Pesawat mendarat di Tokyo Haneda Pada pukul 17.00 dan 2 Orang staff perwakilan dari Shikoku Trip menyambut kami di bandara Haneda. Kemudian mereka mengantar saya ke hotel untuk beristirahat dan bersiap untuk bersepeda di hari kemudian. Setelah beberapa saat diam di hotel, saya merasa bosan dan mencoba

berjalan jalan di sekitar hotel untuk menikmati suasana malam di kota Haneda sebelum beristirahat dan tidak sabar untuk aktivitas hari pertama saya besok.

(Selanjutnya: Shikoku Cycling Trip #2).

Tulisan & Foto: Handa

Related

trails 3292362584301586114

Post a Comment

emo-but-icon

Follow Us

http://twitter.com/weeklybikers http://facebook.com/weeklybikers http://feeds.feedburner.com/weeklybikers

newest

popular

Comments

VIDEO

@weeklybikers

Connect Us

Counter

item