Menyusuri Sungai Shimanto (Shikoku Cycling Trip #4)

Sambungan dari Shikoku Cycling Trip #3.

Kemarin berharap bisa menikmati waktu sejenak untuk berkeliling sekitar Pension Shishikui untuk menikmati pemandangan sekitar, Tetapi hujan datang lebih awal di daerah itu, sehingga saya hanya bisa menikmati sekitar dari jendela kamar. Pagi itu kami harus sarapan dan meninggalkan penginapan lebih awal dari biasanya, karena mungkin destinasi kami untuk hari ini lebih jauh jarak tempuh nya.

Sepanjang jalan menuju destinasi juga masih diselimuti hujan, saat itu saya berharap semoga cuaca menjadi cerah ketika kami mulai bersepeda.

Destinasi pertama hari ini adalah Katsurahama Park, Katsurahama adalah wilayah pantai yang terkenal di Kochi akan keindahan pantai nya. Pantai yang bertemu langsung dengan samudera Pasifik menjadikan larangan bagi pengunjung untuk berenang di sepanjang pantai.

Taman ini juga terdapat patung seorang samurai terkenal yang bernama Sakamoto Ryoma, salah satu samurai yang terkenal dan menjadi figur kunci dalam modernisasi Jepang di masa era Edo. Sakamoto Ryoma adalah sosok samurai yang berasal dari Kochi dan dikenang sebagai samurai yang berpikiran terbuka dan humble digambarkan pada patung dia mengenakan sepatu boot yang pada masanya sepatu boot adalah simbol dari budaya barat. Katsurahama Park juga memiliki objek daya tarik lain berupa Sakamoto Memorial Museum dan Katsurahama Museum.

Setelah beberapa waktu kami mengelilingi area Katsurahama, kami pun beranjak menuju destinasi selanjutnya yang tidak jauh, yaitu Kuroshio Koubo. Kuroshio Koubo adalah restauran terkenal di Kochi yang menyajikan hidangan komoditas nelayan lokal yang sangat terkenal, yaitu Katsuono-Tataki atau Seared Bonito sejenis ikan cakalang khas Jepang.

Ikan Katsuo tersebut di hanya dibakar dengan menggunakan sedikit jerami, cukuphanya bagian luar saja yang matang, bagian dalam masih merah segar. Katsuo-no- Tataki disajikan dengan bawang, jahe dan bumbu hanya menggunakan garam, saus yang dipakai adalah kecap asin dengan cuka dan lemon. Ketika awal berangkat ke Jepang sempat berfikir tentang makanan ikan yang masih segar, saya suka sekali ikan segar, dan Katsuo adalah favorit baru saya.
Hidangan Katsuo menjadi sumber tenaga bagi kami untuk menempuh rute hari ini. Rute bersepada kami hari ini dimulai di Todoroki Park, Rute ini berada di sebelah barat Kochi Prefecture yang dengan terbentang menyusuri sungai Shimanto. Untunglah langit cerah ketika kami akan memulai rute hari ini.
Pemandangan shimanto yang menawan dan udara yang sejuk membuat bersepeda di rute ini terasa sangat menyenangkan. Mata terasa tidak bisa berpaling dari pemandangan sungai dengan air yang jernih sembari mengayuh pedal sepeda, Sungai berkelok kelok menuju samudra pasifik ini adalah pusat aliran dari aliran aliran sungai kecil yang turun dari pegunungan.
Dokumentasi: Wu.
Kita sempat berhenti sejenak untuk melepas lelah di Shimanto Towa, terletak di sekitar 20 kilometer pertama dari awal rute. Semacam rest area yang ada di pinggir sungai Shimanto dengan fasilitas seperti cafe dan toserba dimana pengunjung bisa meluangkan waktu istirahat sejenak dengan menikmati pemandangan sungai Shimanto yang indah. Rasa lelah sketika teralihkan dan kami melanjutkan perjalanan.
Selama perjalanan juga terdapat beberapa terowongan yang menembus perbukitan, tanjakan pendek dan juga jalan yang menyempit, sehingga kami harus lebih berhati hati ketika melintasinya.

Sungai ini menjadi salah satu daya tarik Kochi Prefecture, karena selain pemandangan yang indah sungai ini menjadi semacam simbol tradisi bagi warga sekitar, dimana warga sekitar memanfaatkan sungai ini seperti mencari ikan dengan cara yang tradisional. Selama perjalanan di rute ini sering terlihat jembatan yang unik yang disebut Chinkabashi, jembatan - jembatan dengan jarak permukaan air yang rendah ini banyak menghubungkan jalan utama dengan desa desa yang ada di seberang sungai Shimanto. tapi tidak jarang juga saya melihat beberapa jembatan yang tenggelam karena banjir.

Waktu menjelang gelap ketika kami sampai di tujuan akhir rute hari ini, yaitu Kota Nakamura. Jalanan di Kota Nakamura terlihat sedikit padat kendaraan bermotor jika dibandingkan dengan rute - rute sebelumnya, jalanan di Nakamura adalah jalanan yang paling sering ditemui kendaraan bermotor, namun tidak sepadat jalanan di Indonesia di waktu yang sama.

Perjalanan hari ini menempuh jarak sekitar 65 Kilometer dengan komposisi medan yang relatif datar dan berakhir di Nakamura Prince Hotel,
Rute Kochi ini memiliki panjang sejauh 65 Kilometer dengan waktu tempuh selama hampir 3 jam ini memiliki komposisi medan yang relatif landai, rute yang cukup mudah dan cocok untuk pesepeda di segala level. Permukaan jalan sepanjang rute ini beraspal dan nyaman untuk berbagai macam sepeda, khususnya roadbike.

Perjalanan kami malam ini selalu dengan sajian makan malam yang menarik. Kali ini lokasi makan malam kita adalah Aji Gekijo Chika. Aji Gekijo Chika adalah salah satu Izakaya ( restaurant bernuansa Jepang ) yang terkenal di Kochi akan kualitas Sake dan makanannya yang lezat. terdengar dari namanya yang unik Aji = Rasa, Gekijo = Teather dan saya percaya Chika adalah nama daerah itu.

Hidangan pembuka kami adalah Bonito Sushi yang sangat lezat, kemudian udang air tawar sungai Shimanto yang di goreng kering sangat renyah, Rumput laut kering yang sangat memanjakan lidah, dan hidangan utama adalah Makarel Sushi yang dibakar, uniknya nasi dimasukkan kedalam perut ikan makarel dan dibakar bersama ikan tersebut, sehingga aroma asam gurih ikan meresap ke dalam nasi yang lembut. Saya berfikir mungkin karena Shikoku berhadapan langsung dengan samudera Pasifik dan arus hangat membawa banyak ikan ke pantai pantai yang berhadapan langsung, sehingga setiap daerah menyajikan hidangan ikan segar yang bervariasi dan sangat segar.