Uniknya Jati Trails, Bike Park Terbaru di Malang.

Fotografer: Nunu

Kegigihan dan kesabaran yang berbuah manis.

Berawal dari angan-angan sejak kecil, serta motivasi akan tempat berlatih yang dekat dengan tempat tinggal telah membuat Mampuri, rider senior kota Malang sekaligus seorang track builder, berhasil membangun sebuah bikepark yang berada tak jauh dari rumahnya. Hasilnya, anda mungkin tak mengira jika di sela-sela rapatnya pepohonan hutan jati di sebuah desa, terbentang bike park sejauh kurang lebih 150 meter yang dibangun oleh satu orang saja. Tepatnya di Desa Banjararum, kecamatan Singosari, Malang.

Akses menuju kesana tidak mudah. Yang dimaksud di sini bukan beratnya medan melainkan lokasinya yang tak terlihat. Jalan masuknya pun hanya untuk kendaraan roda 2 dan belum ada papan penunjuk arah untuk menuju ke sana. Hari itu saya bertemu langsung dengan Mampuri. Suasananya sangat sepi karena memang belum banyak orang yang tahu. Di sana hanya terdengar suara gesekan daun-daun jati yang tertiup angin serta dedaunan kering yang terinjak oleh kaki.
Fotografer: Nunu

Bike park yang terdeteksi di google maps bernama Jati Trails ini dibangun selama 6 bulan dan dikerjakan secara dicicil karena Mampuri harus membagi waktunya dengan kesehariannya bekerja di toko sepeda Tiga Jaya Indonesia dan juga waktunya untuk keluarga. Pengerjaannya dimulai sejak bulan November 2017 hingga awal April 2018. Dalam seminggu rata-rata bisa 2 hingga 3 hari dengan waktu 2 hingga 3 jam per hari. Untuk sementara ini telah terbangun 6 gap jump dengan jarak gap rata-rata 4 sampai 5 meter dengan kondisi yang masih sedikit kasar belum di-trim.

Mampuri bercerita, selama proses pengerjaan juga mengalami kendala. Misalnya tidak adanya sumber air terdekat seperti sungai dan semacamnya. Hanya mengandalkan curah hujan selama bulan November hingga April. Belum lagi karakter tanah di situ yang penyerapan airnya cepat sekali sehingga membuat tanah juga cepat mengeras (contoh kasus semisal jika tidak turun hujan selama 3 hari). Padahal proses pembentukan sangat bergantung pada air. Untuk menyiasatinya, dibuatlah gentong yang ditanam dalam tanah. Tujuannya untuk menampung air hujan yang nantinya bisa dimanfaatkan sebagai cadangan air jika hujan tidak turun keesokan hari.
Fotografer: Andy
Fotografer: Andy
Fotografer: Andy
Fotografer: Andy




Bike park ini ditujukan untuk rider yang sudah memiliki teknik cukup baik dan berpengalaman melewati gap jump meski nantinya tidak menutup kemungkinan akan dibuat jalur lain untuk berlatih teknik dasar. Tapi khusus untuk itu dibutuhkan partisipasi teman-teman yang benar-benar ingin belajar karena untuk belajar biasanya menggunakan model table top yang membutuhkan tanah sebanyak hampir 3 kali lipat dari model gap.
Fotografer: Andy

Terakhir Mampuri berpesan, jika ingin berlatih di sini pastikan dulu telah membekali diri dengan penguasaan teknik yang cukup. Akan lebih baik lagi jika telah memiliki pengalaman melewati gap jump dengan dengan ukuran yang kurang lebih sama. Sebab kalau hanya berspekulasi saja resikonya cukup tinggi mengalami jatuh atau gagal. Diwajibkan pula menggunakan helm, pelindung lutut dan tulang kering. Ditambah dengan pelindung siku dan sarung tangan tentunya juga akan lebih baik. Satu lagi, sebaiknya mengajak teman ketika berlatih.
Fotografer: Andy
Selamat mencoba!

Lokasi Jati Trails:


Fotografer: Nunu, Andy
Sumber: Mampuri
Tulisan: Andy

Related

trails 7771176252917582439

Posting Komentar

  1. Wah keduluan hahah ga ajak2 liputan om andy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaa kamu repot gitu ndry, ayo next kalo ada sesuatu yg baru lg

      Hapus

emo-but-icon

Follow Us

http://twitter.com/weeklybikers http://facebook.com/weeklybikers http://feeds.feedburner.com/weeklybikers

newest

popular

Comments

VIDEO

@weeklybikers

Connect Us

Counter

item