Mengunjungi Pulau Dewata Bersama Group Asal Singapore. (2)

Sambungan dari cerita sebelumnya.

Track Gunung Abang.

Lokasi bersepeda di hari ketiga ini diawali dari track yang terletak di Gunung Abang, Kintamani. Kami berangkat dari vila jam 7.00. Perjalanan menuju kesana memakan waktu sekitar 1 jam. Jalur yang melintasi hutan dengan tebing berbatu di beberapa bagian ini menjadi pemandangan khas rute Gunung Abang. Kami juga banyak menjumpai penambang pasir di sepanjang perjalanan.
Start.

Besakih Bike Park.

Selesai dari  Gunung Abang kami pun loading sepeda saat itu juga menuju Besakih Bike Park yang berada di Jl. Pura Pengubengan, Besakih. Berbeda dengan track Gunung Abang tadi yang terbentuk alami, Besakih Bikepark memang dirancang khusus untuk para pemain sepeda. Selain karakter track nya yang asyik, fasilitasnya pun sudah cukup lengkap. Salah satunya adalah ketika rombongan ini menyempatkan minum kopi di tempat yang tersedia sebelum start.

Ngopi dulu sesaat menjelang start.

Foto bersama di depan garis start Besakih MTB Park.

Antony bersantai di hammock yang tersedia di sana.

Sayang, karena ini adalah track yang didesain khusus untuk keasyikan bersepeda, maka tidak banyak foto yang  saya ambil. Apalagi ini juga pengalaman pertama saya disini,  tentu saja tidak akan saya sia-siakan untuk fokus menikmatinya bersama teman-teman...hehe
Singkatnya, kami finish jam 12.00 dan jadwal selanjutnya adalah makan siang di Rumah Makan Sari. Mantap! Tapi tunggu, perut kami yang mulai lapar ternyata masih dituntut sabar karena perjalanan menuju kesana harus mengitari Gunung Batur yang memakan waktu 2 jam.
Makan siang di RM Sari.

View pemandangan Gunung Batur dilihat dari tempat kami makan.
Rute Penulisan - Desa Sambirenteng.

Selanjutnya kami langsung loading menuju rute Penulisan - Desa Sambirenteng.
Titik startnya sama dengan rute Penulisan - Tianyar, namun titik finish kali ini ada di Desa Sambirenteng, kecamatan Tejakula, Kabupaten Buleleng.
Karakter track disini permukaannya berpasir diselingi bebatuan lepas.
Memperbaiki hub yang kendor ketika berada di tengah perjalanan.

View dari titik tertinggi rute ini.

Bebatuan seperti tampak di gambar bisa dijumpai di sini.
Peserta yang terjatuh.

Sempat terjadi insiden ketika salah seorang peserta rombongan (Jon Goh) jatuh terpeleset. Meski masih bisa melanjutkan perjalanan hingga selesai, tapi kami ingin secepatnya memastikan kondisinya. Kegiatan hari itu berakhir Pk 16.30.
Saya bersama mobil pickup langsung menuju ke vila, sementara rombongan yang lain menggunakan mobil van langsung menuju rumah sakit untuk melakukan CT scan tulang pipi Jon Goh.
Kami kembali berkumpul di vila jam 21.00 dilanjutkan dengan bersantai, sebagian ada yang berenang, sebagian lainnya beristirahat.