Bermain di Bike Park Ledok Ombo.

Inilah bike park terbaru yang berada di desa Poncokusumo, Kabupaten Malang yang kabarnya baru saja resmi dibuka bersamaan dengan Kejuaraan Indonesia Enduro di Pamitra bike park beberapa waktu lalu. Akses untuk menuju ke sana sangat mudah. Kita bisa menggunakan kendaraan jenis apa pun dan jika tenaga berlebih boleh juga digowes dari kota dengan jarak kurang lebih 30 km. Kami pernah melakukannya sebelumnya dan hasilnya lumayan melelahkan hehe..
Pada kesempatan ini duo rider Vicky dan Handa berkesempatan mencobanya langsung dengan berangkat menggunakan sepeda motor.
Loading menggunakan sepeda motor dengan karet ban yang diikatkan sedemikian rupa. Perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam.

Bike park ini menjadi bagian dari kawasan Camping Ground Ledok Ombo yang sudah lebih dulu ada. Total jarak track-nya mungkin tidak sampai 1 km, itupun pengunjung biasanya hanya bermain di setengahnya saja, karena yang selebihnya harus menuntun sepeda di tanjakan terjal. Meski cuma separuh namun varian obstacle-nya sudah lengkap seperti gap jump, table top dan berm. Satu-satunya yang hilang hanyalah sensasi downhill yang hanya bisa didapat jika start dari atas. 

Karena tergabung dengan kawasan outbond, fasilitas lain seperti warung kopi, mushola dan toilet sudah tersedia di sana. Warung kopi yang berada di tepian tebing menjadi tempat nongkrong favorit. Kita bisa minum kopi sambil menonton rider yang sedang meluncur di lintasan. Jika bosan, cukup dengan menengok ke belakang di sana terlihat tebing di seberang dengan sungai yang mengalir di bawah. Hmm..menyejukkan. Oh iya, jika beruntung biasanya ada sejumlah hammock yang terkait di batang pohon.
Bike park yang juga menarik minat anak-anak yang tinggal di sekitar wilayah tersebut.
Vicky ketika melewati gap jump.
Bike park ini gratis, namun disana tersedia kotak bagi yang bersedia menyumbang sukarela untuk perawatan.
Masih terjadi pembenahan di sana sini menyesuaikan masukan dari para rider. Semuanya dilakukan bergotong royong.
Tempat nongkrong ketika coffee break.
Menyatu dengan kawasan outbond ternyata ada juga dampak buruknya. Dengan hanya berbatas pita raceline, seringkali pengunjung umum dari area outbond nekat menyeberang tanpa menengok terutama jika ingin pergi ke warung kopi. Meski petugas yang berjaga sudah tersedia tapi celah itu tetaplah ada mengingat pengunjung umum bisa saja melintas tiap saat dan begitu juga si rider yang meluncur tanpa aba-aba. Jadi sementara ini yang bisa dilakukan adalah saling waspada.
Petugas Ledok Ombo menegur anak-anak yang mencoba lintasan tanpa memakai helm.
Tetap waspada jika melaju karena dikhawatirkan ada pengunjung yang menyeberang di lintasan.
Kesimpulannya rute ini menawarkan sejumlah kelebihan antara lain:
  •  Kemudahan akses
  •  Berada di kawasan camping ground yang dilengkapi flying fox, rumah kayu, sehingga cukup ramah jika membawa keluarga.
  •  Fasilitas penunjang lumayan lengkap.
  •  Biaya terjangkau, sementara ini gratis selain biaya parkir dan sumbangan seikhlasnya untuk perawatan track.
Jadi tunggu apa lagi?
Selamat mencoba!

Rute menuju Ledok Ombo Camping Ground dari kota Malang:


Tulisan & foto : Andy

Related

trails 4854187389621650522

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow Us

http://twitter.com/weeklybikers http://facebook.com/weeklybikers http://feeds.feedburner.com/weeklybikers

newest

popular

Comments

VIDEO

@weeklybikers

Connect Us

Counter

item