Menyimak Kiprah Mario dan Vicky di event MTB Enduro 3

Mario Handaziza (Mario) dan Syafi’a Rusly (Vicky).
Pada postingan kali ini kami mencoba menghadirkan pengalaman duo rider tersebut selama mengikuti kejuaraan enduro MTB seri 3 di Cangar ygn dihelat hari minggu, 15 Oktober kemarin. Balapan tersebut sekaligus merupakan pengalaman pertama mereka dalam event enduro resmi dimana target awal keduanya hanyalah sekedar berpartisipasi. Namun di luar dugaan mereka malah meraih hasil yang menggembirakan. Vicky tampil sebagai juara 2 kelas Men Elite Open sementara Mario finish di posisi 4 kelas Master A.
Oke langsung saja, mari kita simak bagaimana kiprah mereka di event tersebut hingga mencapai podium.

Datang.

Mereka tiba di Batu hari Sabtu pagi, 14 Oktober dan check in di Hotel Wijaya, kemudian bersiap mengikuti proses scrutineering dan free practise langsung di hari itu juga.
Tiba di Hotel Wijaya, Batu. Tempat Mario dan Vicky menginap selama event berlangsung.
Free Practise. Sabtu, 14 Okt 2016.

Hanya latihan. Boleh ikut, boleh juga tidak.
Terdengar sepele tapi inilah kunci jika ingin menentukan nasib pada saat race nanti. Mereka memilih untuk memanfaatkan waktu yang diberikan panitia dengan sebaik-baiknya. Berkenalan dengan track dan menjinakkannya lebih dulu akan lebih baik daripada track yang menghajar mereka pada saat race nantinya.
Latihan dimulai Pk. 13.00. Rute terbagi menjadi 3 SS (special stage) dengan komposisi turunan dan tanjakan yang menguras stamina. Ditambah dengan permukaan berbatu di sebagian tempat.

Selain menjajal track, yang termasuk bisa dilakukan ketika free practise adalah menyesuaikan settingan sepeda serta memastikan sepeda dalam kondisi terbaik.
Terlalu memaksa. Mario mengaku sempat merasa akan pingsan di salah satu stage. Dia beristirahat ditemani salah satu panitia. Rider yang juga penghobi rally mobil ini memang sudah sebulan lebih tidak bersepeda.
Melintasi sungai menjelang berakhirnya stage 3.
 Kuliner Malam.

Free practise berakhir sore hari. Selanjutnya yang dipikirkan yaitu konsumsi makanan yang diharapkan bisa menunjang stamina esok hari. Mayoritas orang berpendapat jika daging kambing sangat tepat untuk itu. Entah apa maksudnya yang jelas mereka langsung meluncur menuju warung Mesir di kota Batu yang terkenal dengan menu kambingnya. Malam itu diakhiri dengan nongkrong di warung ketan sebelum kembali ke hotel untuk beristirahat.


Menu kambing konon katanya cukup ampuh untuk meningkatkan stamina. Di sana juga tampak Ardi yang besok akan tampil sebagai zero rider.

Klise. Seperti cerita film balapan pada umumnya, aroma juara biasanya sudah tercium ketika ada wanita yang duduk mendekat..auww!
(Vicky ketika nongkrong di warung ketan.)
Race, Minggu, 15 Okt 2016.

Sejatinya balapan dimulai Pk 9.00 tapi mundur menjadi Pk. 10.30 dikarenakan untuk menghindari karnaval kampung yang berada di area SS 3. Hari itu diawali dengan briefing peserta tentang rute dan hal teknis lainnya seperti liaison stage (LS) serta diluncurkannya 2 rider (zero dan double zero).
Apa yang dimaksud dengan zero rider dan double zero? Kurang lebih mirip safety car pada F1. Disini tugas mereka adalah mencoba track layaknya para peserta, fungsinya untuk memastikan jika track sudah layak dan aman untuk dilangsungkannya balapan.
Briefing sebelum lomba.
Mario bersama Ardi (jersey putih) yang ditugaskan menjadi zero rider.

Mungkin inilah rider yang paling rileks menghadapi lomba. Dia merupakan satu-satunya rider yang turun di kelas Men Junior. Selama bisa menyelesaikan lomba, podium sudah pasti dalam genggaman.
Suasana di titik start SS 2.
Last pedaling to the finish line. Vicky ketika melintas garis finish SS3.
Akhirnya Vicky berhasil mencatatkan waktu tercepat kedua. Hasil yang sangat baik tapi sekaligus juga mengganjal. Bagaimana tidak, catatan waktunya hanya berselisih 2 detik dengan rider di posisi pertama. Sementara itu Mario harus puas di posisi 4 kelas master A. Secara overall, hasil ini sudah luar biasa jika mengingat keikutsertaannya semula hanya sekedar memeriahkan.
Vicky (paling kiri) dengan medali pertamanya di event ini bersama para pemenang lainnya di kelas Men Elite Open.
Hasil selengkapnya:

Tulisan: Andy
Sumber: Vicky & Mario


Related

story 580762542316177779

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow Us

http://twitter.com/weeklybikers http://facebook.com/weeklybikers http://feeds.feedburner.com/weeklybikers

newest

popular

Comments

VIDEO

@weeklybikers

Connect Us

Counter

item