XC Dadakan di Gunung Mujur

Mingu, 17 Jan 2016 

Bangun di minggu pagi tanpa ada rencana aktifitas apapun, hanya membuka laptop dan browsing, lalu rekan saya Vicky muncul dengan pakaian yang siap untuk bersepeda, tanpa basa basi saya pun beranjak untuk bergabung bersepeda. Omah Kampus daerah Sengkaling Malang merupakan tujuan bersepeda kami dan kami pun mulai mengayuh pedal menuju lokasi. 

Sekitar 3 kilometer kami mengayuh, terdengar mendekati kami suara seseorang yang berteriak mengajak kami untuk bergabung dengan mereka untuk bersepeda ke Gunung Mujur (Karangploso). Ternyata suara tersebut adalah Anthony dan beberapa rekan lain loading dengan pickup menuju Gunung Mujur. Berfikir sejenak kemudian kami meng-iyakan ajakan Anthony untuk bergabung dengan mereka.

Sedikit overload ketika loading sepeda karena peserta tambahan yang tidak rencana.

Kami pun menyempatkan waktu untuk sarapan di tengah perjalanan menuju lokasi start.
Tanah basah dan kabut tipis menyambut kami di lokasi start



Setelah kurang lebih 30 menit mengayuh di tanjakan berbatu, sampailah kami di lokasi wisata religius gunung mujur, lokasi ini juga terdapat beberapa orang yang menetap menjadi penduduk setempat.
Suasana penduduk setempat yang sedang bekerja membersihkan lahan sekitar mereka tinggal.
Setelah regroup di lokasi gunung mujur kami pun melanjutkan trail yang kali ini lebih landai.
Landainya trail di daerah ini ternyata menjadikan perangkap air ketika musim hujan dan tidak sedikit kubangan yang kami temui di sepanjang trail.
Berpapasan den offroader dan motor trail menjadi pemandangan yang biasa di sepanjang trail Gunung Mujur karena daerah tersebut juga menjadi lokasi favorit bagi mereka.
Break di tengah trail adalah saat yang tepat untuk menikmati bekal yang kami bawa dari rumah.

Single trail turunan yang sedikit licin meningkatkan adrenalin kami sekaligus menambah kesenangan.
di penghujung trail kita pun sempat bertemu dengan grup pesepeda lain dan menyempatkan waktu untuk mengobrol sejenak.

Ketika sesuatu hal yang tidak diinginkan terjadi di tengah trail, pesepeda sebaiknya mempersiapkan solusi untuk mengatasinya.
Di akhir trail kami melewati hamparan sawah yang luas dengan hembusan angin yang menyejukkan. Ujung trail ini berakhir di daerah Singosari dengan panjang trail sekitar 14 kilometer dengan waktu tempuh selama 4 jam.
Trail Mujur merupakan trail Cross Country yang cukup seru dengan paduan sekitar 40% tanjakan dan 60% turunan. sebenarnya ada 2 versi dalam trail tersebut yaitu turunan setelah pondok trail dan sebelum pondok trail, kami mengambil versi turunan sebelum pondok trail. Kedua nya memiliki finish yang berbeda tetapi masih sama di daerah Singosari. Untuk pesepeda yang berdomisili di wilayah Malang sebaiknya sisahkan sedikit tenaga untuk nge-road sepanjang Singosari menuju Malang. 

Penulis, Fotografer: Handa

Related

trails 158373505126329739

Posting Komentar

  1. mantab mas, kalo ada kesempatan ayo mancal lagi hehe

    BalasHapus

emo-but-icon

Follow Us

http://twitter.com/weeklybikers http://facebook.com/weeklybikers http://feeds.feedburner.com/weeklybikers

newest

popular

Comments

VIDEO

@weeklybikers

Connect Us

Counter

item