Terbaru di Probolinggo, Bethek Bike Park.


Baru-baru ini ada sebuah spot bersepeda baru yang cukup menarik perhatian di linimasa facebook, terutama di beberapa grup sepeda. Di salah satu kabupaten di Jawa Timur tepatnya di Kabupaten Probolinggo ada satu track downhill baru di daerah Bermi, Krucil. Spot ini bernama Bethek Bike Park. Secara lokasi memang kawasan bike park ini tidak sepopuler daerah Bromo, Ngadisari, maupun Penanjakan yang secara geografis masih masuk wilayah Kabupaten Probolinggo namun jika mau dilihat lebih jauh lokasi Krucil dan sekitarnya yang berupa perbukitan sangat cocok bagi pecinta sepeda gunung terutama yang berkaitan dengan gravity riding.

Berawal dari kebutuhan akan tempat bermain sepeda sekelompok pecinta olahraga Downhill dan All Mountain di Probolinggo sepakat untuk membuat bike park yang terawat dan bisa digunakan oleh pemula maupun expert. Terinspirasi dari Tutur Welang Bike Park local boys Probolinggo mulai mencari spot, melakukan perijinan ke Perhutani, dan mulai menancapkan cangkul dan sekop ke tanah.

No Dig No Ride

Prinsip ini memang benar-benar diterapkan rider disini, mereka melalukan survei lokasi, membuat jalur, membersihkan ilalang, membuat berm, memasang start gate, membuat table top, double jump, dan ramp kayu. Semua obtacle memiliki opsi chicken way sehingga bagi pemula di dunia gravity riding bisa tetap bermain di bikepark ini dengan nyaman. Dalam sebulan bikepark ini telah dibangun sepanjang kira-kira 3,5km secara gotong royong dengan berbagai revisi dan masukan dari berbagai pihak.

Penambahan mainan baru
Bergotong royong membangun mainan

 Satu hal yang saya salut disini adalah MazzBro selaku PIC track building dan rekan-rekan lainnya selalu meminta saran dan pendapat dari rider lain, bahkan saya yang baru pertama kali datang kesana sudah dimintai pendapat mengenai obstacle dan jalur yang dibangun, sungguh menyenangkan digging dan riding dengan orang-orang yang sangat terbuka seperti ini.

Sepeda full suspension akan sangat membantu menikmati track ini
Hardtail Friendly
Elevasi Bethek Bike Park

Track sepanjang 3,5 Km dengan elevasi 200m benar-benar berkarakter bike park, yaitu sangat flowy dengan karakter high speed di bagian atas, jumping area di bagian tengah, dan technical di bagian bawah. Sangat seru melahap track ini baik menggunakan sepeda hardtail maupun full suspension namun memang disarankan untuk menggunakan sepeda full suspension dengan travel 6 inchi keatas, kalo ga ada ..? show must go on asalkan selalu dipersiapkan dengan baik baik skill dan sepeda yang digunakan. Karakter tanah cukup gembur namun menjadi sangat licin ketika hujan. Tercatat minimal terdapat 8 jump man made, beberapa thight berm, dan banyak sekali natural jump yang terbuat dari akar-akar pepohonan.

Kesimpulan saya track ini sangat direkomendasikan untuk dicoba baik oleh pemula di gravity riding maupun expert dan juara lomba downhill karena karakter track yang fun dengan banyak memiliki obstacle namun tidak lupa disertakan chicken way, juga sangat cocok bagi rekan-rekan yang ingin menambah foto baru di social media :D

Penulis: Danu Budi
Fotografer:
- Adhian Su
- Moch Bisri

Related

trails 6593453201719504919

Posting Komentar

  1. On Progress... semoga bisa terawat dan bertahan...

    BalasHapus
  2. SaranKlok bisa yg" jump"nya di bikin alami aja jangan bikinan dari kayu.semoga downhill probolinggonya bisa di tanyangin di fox sport premium.

    BalasHapus

emo-but-icon

Follow Us

http://twitter.com/weeklybikers http://facebook.com/weeklybikers http://feeds.feedburner.com/weeklybikers

newest

popular

Comments

VIDEO

@weeklybikers

Connect Us

Counter

item