Selamat Datang di WBTR


Jika ada yang bertanya, topi apa ini? apa itu WBTR?

Topi ini adalah souvenir untuk wisatawan.
WBTR adalah fitur baru kami.

Awal mula.

Sejak blog ini pertama ditulis sekitar 8 tahun lalu, konsepnya sangat sederhana. Saya hobi memotret ketika bersepeda dan menulisnya setelah itu, sementara yang lain suka dipotret dan membaca. Dari situ kegiatan bersepeda menjadi aktivitas yang mengasyikkan di tiap akhir minggu. Seiring berjalannya waktu, kami berjumpa dan berkenalan dengan pesepeda lain yang membuat jumlah teman kami pun bertambah banyak. Rata-rata mereka adalah orang yang telah bekerja dan orang yang sedang menyelesaikan kuliah. Mereka memanfaatkan waktu luang di akhir minggu untuk melepas rutinitas dengan bersepeda bersama mencari dan mencoba rute baru. Dari situlah nama weekly bikers diambil.

Minggu demi minggu berlalu seperti biasa hingga kami mengenal Antony. Dia menunjukkan varian rute yang membuat koleksi rute bertambah dan menjadikan kegiatan bersepeda ini tidak membosankan. Dari sana juga saya tahu, tidak semua pesepeda yang ada di sini adalah pekerja maupun anak kuliahan. Antony adalah salah satu di antaranya yang mendedikasikan penuh waktunya untuk mengayuh. Di saat yang lain bekerja di hari biasa, anda mungkin malah menjumpainya sedang seorang diri bersepeda mencari rute baru yang sekiranya layak dan pantas untuk ditawarkan pada teman ataupun tamu yang ingin mencobanya. Tanpa disadari, kegemaran yang dilakukannya ini ternyata bisa menjadi peluang bisnis yang akhirnya mengubah hobinya menjadi profesi.

Kini peminat hobi bersepeda sudah menjamur. Beragam track yang ada di semua penjuru kota Malang, Batu dan kawasan gunung Bromo adalah magnet yang menarik wisatawan sepeda dari luar kota maupun luar negeri. Otomatis kebutuhan akan jasa marshall yang mengantar mereka juga bertambah. Singkat kata, Antony merasa kewalahan jika harus bekerja seorang diri karena wisata bersepeda tidak hanya sekedar mengantar wisatawan dari starting point hingga finish tapi juga perlu diberikan pelayanan yang layak selama mereka berada di sini. Belum lagi jumlah mereka dalam satu rombongan yang terkadang bisa mencapai puluhan.
Akhirnya bersama  Indra, Vicky, Pak Arief, Handa dan saya, kami bekerja sama membentuk semacam team yang bernama WBTR (singkatan dari Weekly Bikers Tourism and Recreational). Di luar itu, kami juga melibatkan sejumlah driver.
Team WBTR minus Indra dan Pak Arief. Dari kiri ke kanan: Antony, saya (Andy), Vicky, Handa dan salah satu teman kami Yopi (kaos hitam) ketika di pertengahan track Gunung Mujur.


Bersepeda hanya sekedar untuk bisnis?
 
Jujur, ini memang bisnis dan kami baru saja memulainya. Namun jika niatnya hanya untuk bisnis, dari dulu kami tentu sudah duduk di belakang meja dan menyusunnya sejak awal, lalu bersepedanya urusan belakangan. Passion dalam bersepedalah yang kemudian membuat bisnis ini muncul.
Hingga saat ini kebiasaan Antony masih tetap sama, yaitu kerap mencari, meracik dan mencoba sendiri track-track baru, untuk kemudian diseleksi antara yang layak dan tidak, dan yang sekiranya disukai serta aman bagi pesepeda. Semuanya menggunakan waktu, tenaga dan biaya yang harus ditanggung sendiri. Kebiasaan itu akhirnya menghasilkan track-track baru yang kemudian diminati wisatawan sepeda.

Bagaimana dengan teman-teman yang lain?
 
Di luar sana banyak penghobi sepeda memimpikan untuk merasakan sensasi track disini yang dikenal sebagai salah satu yang terbaik. Bisa membantu mewujudkannya adalah kepuasan tersendiri karena kami bisa sekaligus ikut membantu mengenalkan potensi daerah tempat di mana kami tinggal. Meski begitu, kami tidak lupa dari mana dan bagaimana ceritanya hingga  team ini terbentuk. Tidak ada yang bisa menggantikan asyiknya bersepeda dan bercanda bersama teman-teman tanpa embel-embel profesi. Jika ada kalanya kami berhalangan, mungkin waktunya berbenturan dengan kesibukan baru yang masih terus kami pelajari ini.
Yang pasti, di setiap rute baru yang ditemui, kita akan tetap selalu mencari waktu, bersama teman-teman yang lain untuk mencobanya di akhir pekan.
Seperti biasanya.



Salam gowes!
Team WBTR




Related

story 8395379136611029685

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow Us

http://twitter.com/weeklybikers http://facebook.com/weeklybikers http://feeds.feedburner.com/weeklybikers

newest

popular

Comments

VIDEO

@weeklybikers

Connect Us

Counter

item