Urban Night Race di Kampung Wisata Kungkuk, Batu

Minggu, 29 Maret 2015

Dahulu kala, konon ada beberapa orang yang mencoba hidup dan tinggal di sebuah daerah perbukitan yang masih berupa hutan belantara. Mereka melakukan babat alas sepanjang hari hingga pada suatu ketika di saat matahari akan terbenam dan mereka berkemas pulang, ada salah satu dari mereka yang masih duduk di atas bukit sambil menikmati pemandangan. Ketika diajak pulang dia menjawab: “engkuk, engkuk disik (nanti, nanti dulu)..” Sejak saat itu daerah tersebut diberi nama Kungkuk.

Kampung Wisata Kungkuk, Batu.

Disinilah event Urban Night Race digelar. Puluhan rider berpacu menuruni bukit melalui sebuah kampung yang terletak di Desa Punten Kecamatan Bumiaji. Kampung yang dirancang khusus sebagai kampung wisata ini berjarak 6 km dari pusat Kota Wisata Batu.
Kampung yang diapit oleh Gunung Panderman disebelah selatan dan gunung Arjuno di
sebelah utara ini memiliki luas: 14 Ha, hutan 125Ha, ketinggian: ± 950 m.

Turun bukit melintasi kampung.

Seketika yang terbayang adalah event serupa yang pernah ada di Brazil. Jalurnya memasuki celah-celah sempit di kampung nan padat. Yang membuat event ini berbeda adalah kegiatannya yang berlangsung malam hari, dan yang kedua, jalurnya tidak lagi hanya memasuki jalanan sempit khas perkampungan tapi juga memasuki rumah penduduk hingga bablas ke dapur dan keluar lagi lewat pintu belakang!

NYELONONG. Salah satu rider ketika melintas ke dalam rumah penduduk.
MALAM PERTAMA. Jalurnya sempat melintas di depan salah satu rumah penduduk yang akan / baru saja melangsungkan pesta pernikahan. Kebetulan ini juga merupakan event urban night race yang pertama.
Event ini tergolong unik dan terkonsep dengan baik. Para pecinta downhill benar-benar dimanjakan karena mendapatkan kesempatan merasakan sensasi downhill dengan nuansa yang tidak biasanya. Menyelenggarakan event seperti ini di tengah kampung yang dihuni 600 lebih penduduk sudah tentu bukanlah pekerjaan mudah, tapi semuanya digarap dengan baik oleh sponsor penyelenggara, Djarum 76.
Tim panitia yang bekerja di balik layar. Catatan waktu dan tayangan kamera video dari berbagai titik terpantau di sini.

Berikut ini beberapa foto para pemenang:
 Hasil final run selengkapnya.

Penulis: Andy
Fotografer: Handa

Related

story 150295159266771262

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow Us

http://twitter.com/weeklybikers http://facebook.com/weeklybikers http://feeds.feedburner.com/weeklybikers

newest

popular

Comments

VIDEO

@weeklybikers

Connect Us

Counter

item