Uji Performa Polygon Collosus N8

Rabu, 4 maret 2015

Rabu pagi saat semua bekerja, kami berlima memutuskan untuk pergi bersepeda, track yang kami pilih adalah track all mountain Tutur Welang.
Berjarak 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor, track ini menjadi pilihan kami yang mencari sensasi adrenalin turunan panjang.
Track ini bejarak kurang lebih 14 km, dengan kombinasi 70% turunan, 10% tanjakan, dan 20% datar. Cocok sekali dengan tujuan kami kali ini yaitu
melakukan test ride varian all mountain bike dari Polygon, yaitu seri Collosus N8. Berbeda dari seri AX yang berbahan aluminium, seri ini menggunakan bahan Carbon Composite.

Seri N8 merupakan sepeda full suspension pertama Polygon yang menggunakan bahan Carbon Composite.Sepeda revolusioner Polygon ini menggunakan diameter ban yang menjadi trend baru saat ini yaitu 650B. Menggunakan drivetrain Shimano XT dual chainring,Chain guide dual dari e thirteen components terbukti mampu menjaga stabilitas rantai baik di kedua chainring. Shifter XT Rapidfire membuat shifting menjadi lebih ringan,dan kinerja RD XT medium bekerja dengan baik di segala medan. Seatpost adjust Reverb Stealh dengan baik diintegrasikan dalam frame. Di sisi kokpit, digunakan handlebar
dan stem dari Spank, dengan rise 1,5cm dan panjang stem 5cm, sepeda cukup mudah dikendarai baik pada saat tanjakan, turunan, dan datar.

Wheelset Spank mampu menahan benturan dengan baik, dan ketahanannya teruji saat melewati batu dan akar yang cukup banyak terdapat di track.
Ban Schwalbe Hans Dampf mampu memberikan traksi yang baik meskipun kondisi track lici, ataupun hujan.
Fork FOX CTD dengan remote berfungsi baik, meskipun setting climb, dan trail jarang sekali digunakan, bergitu pula dengan sistem rearshock FOX CTD Float X, yang selalu disetting di posisi Descent. Segitiga depan dari keseluruhan sepeda mudah diajak bermanuver, melewati berbagai obstacle, seperti bebatuan, akar, dan jalur air. Untuk drop drop sedang dan dan turunan batu pada awalnya cukup regu konstruksi rear shock dan linkage bisa meredam getaran, ternyata konstruksi frame ini cukup halus melewati rintangan tersebut dengan kecepatan tinggi walaupun muncul sedikit suara berisik yang misterius antara linkage.
Sebaliknya segitiga belakang dari sepeda terasa berat dan kurang lincah saat mengambil berm, terutama pada kecepatan yang kurang tinggi.

Sepeda ini bisa melaju kencang di track lurus, jalan makadam bisa dilalui dengan cepat dan efisien, sistem linkage bekerja dengan baik mengikuti segala obstacle yang ada di dalam track. Kendala yang paling sering dialami adalah baut cover bearing linkage yang sering kendor setelah sepeda digunakan, sehingga membuat frame mengalami getaran getaran tambahan yang seharusnya tidak ada.
Secara overall, performa frame, dan sepeda ini untuk rider all mountain yang ingin beralih dari sepeda lingkar 26" menjadi 27,5”, sepeda ini layak dimiliki, terutama bagi rider yang mengutamakan kenyamanan, untuk rider yang agresif akan membutuhkan adaptasi ekstra agar bisa menikmati secara maksimal. Desain yang revolusioner, kokoh tapi tetap ringan,
dipadu dengan decal works dan patern yang minimalis, menjadikan sepeda ini terlihat elegan dan futuristik. Tentu saja dengan semua komponen yang ada, harga yang ditawarkan akan membuat anda merogoh kocek lebih dalam. Tapi semua kembali ke kebutuhan pesepeda itu sendiri, kesimpulannya sepeda ini layak disejajarkan dengan brand brand terkemuka dari mancanegara.

Bravo Polygon, keep up the good work.

Spesifikasi

Frame:
    ACX CARBON ENDURO, FS3 SUSPENSION SYSTEM, 6.3” TRAVEL, 12X142MM
Front Fork:
    FOX 34 TALAS CTD FACTORY WITH KASHIMA COAT, TRAVEL 160MM, TAPERED STEERER
Rear Suspension:
    FOX X FLOAT CTD ADJUST FACTORY WITH KASHIMA COAT, 7.85”X2.25” (200X57MM), M8X22.2MM
Shift Lever:
    SHIMANO DEORE XT SL-M780I
Derailleur Front:
    SHIMANO DEORE XT FD-M786
Derailleur Rear:
    SHIMANO DEORE XT RD-M786GS
Brakes Front:
    SHIMANO DEORE XT BR-M785
Brakes Rear:
    SHIMANO DEORE XT BR-M785
Brake Levers:
    SHIMANO DEORE XT BL-M785
Pedals:
    SHIMANO PD-M530
Crankset:
    SHIMANO DEORE XT FC-M785 38-24T, 170MM(S-L), 175MM(XL)
Bottom Bracket:
    SHIMANO PRESS-FIT BB
Chain:
    SHIMANO DEORE XT CN-HG95
Cassette:
    SHIMANO DEORE XT CS-M771, 11-36T

Wheelset:
    SPANK OOZY EVO
Tires:
    SCHWALBE HANS DAMPF, 27.5”X2.35”(F)&27.5”X2.25”(R)
Saddle:
    FIZIK GOBI XM, MANGANESE RAIL
Seatpost:
    ROCKSHOX REVERB STEALTH, 30.9MM, 380MM(S-M), 420MM (L-XL)
Stem:
    SPANK OZZY 2, ALLOY, 50MM(S-L), 65MM(XL)
Handlebar:
    SPANK OZZY, ALLOY, 760MM
Grips:
    Entity
Headset:
    POLYGON INTERNAL SEALED BEARING, TAPERED 44/56MM
Harga : link



Bike                  : Polygon Collossus N8
Riding Tester    : Sam Sehat
Trail                  : Tutur - Welang

Tulisan              : Antony
Foto                  : Handa

Related

review 8894602355921800592

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow Us

http://twitter.com/weeklybikers http://facebook.com/weeklybikers http://feeds.feedburner.com/weeklybikers

newest

popular

Comments

VIDEO

@weeklybikers

Connect Us

Counter

item