Menyusuri Sungai dan Rel Lori Menuju Sumber Mbureng




Perjalanan kali ini ke Sumber Mbureng di Daerah Krebet, Bululawang Kabupaten Malang. Penunjuk jalan Bung Dhani, berkumpul di GOR Ken Arok pada pukul kurang lebih 06:40-an.





Tampak kemacetan di depan GOR Ken Arok, kita tidak berlama-lama di suasana kemacetan ini, setelah semua peserta lengkap tentulah mencari tempat "lebih baik" tepat di selatan GOR untuk briefing dan membuka perjalanan. Tidak jauh dari tempat "lebih baik" tersebut ada sungai Pengairan, nah... start-nya di bataran sungai pengairan inilah menuju arah selatan.





Sebelah kanan sawah dan sebelah kiri sungai, meskipun jalur ini terlihat santai namun sebaiknya jangan sambil merokok saat melaluinya. Bahaya jika sampai nyemplung sungai, sementara di foto atas tersebut
tampak di-depan Bung Dhani disusul rombongan.


Ada monumen bersejarah di setapak susur sungai ini, kita ambil foto dan monumen apakah ini? silahkan mengamati foto di bawah ini





Ya, monumen gugurnya Mayor Hamid Rusdi saat agresi Militer Belanda ke-2, yang saat ini namanya diabadikan menjadi nama jalan utama di Bunul, Kota Malang.

Setelah setapak susur sungai habis dilanjutkan jalan aspal yg lebarnya pas untuk bersepeda.





Foto diatas jika menoleh ke kiri tampak di kanan foto (dari utara), dan jika menoleh ke kanan tampak kiri foto (menuju selatan).

Perjalanan di lanjutkan masih menyusuri sungai yang segar minim polusi, keluar di daerah Tajinan, tepat di sebuah Madrasah di daerah persawaahan.





Bung Dhani tiba-tiba berhenti untuk menawarkan menu makan siang rujak cingur, tetapi harus pesan dulu.


Di lokasi itu pula ada anak-anak TK yg sedang studi lapangan, mereka berlarian menuju Bung Dhani (Mungkinkah anak-anak TK itu rindu sosok Pak Guru seperti Bung Dhani?).

Keluar di Masjid Bululawang, menyusuri jalan utama ke arah selatan kemudian sebelum pertigaan krebet kita masuk ke kanan jalan kampung yang tidak lama lagi berjumpa jalan offroad di yg diapit rel lori, kali ini kanan kiri ladang tebu. Bertemu spot menarik untuk ngaso. Why not?





Kakak Indra dan Bung Dhani menyempatkan untuk membeli Pepaya yang akan dikirim ke pasar.



Menyusuri rel kereta lori sampai bertemu persimpangan sejauh kurang lebih dua kilometer.



Disambung jalanan offroad turunan santai sepanjang kurang lebih 500 meter menuju sungai.




Sampai di sebuah sumber mata air yg tidak jauh dari tujuan, kita bersantai di sini, menyantap pepaya, Bung Dhani menginstruksikan untuk membuka sepatu, karena kita akan menyebrang sungai untuk menuju menuju tujuan.




Ayo angkat sepedanya dan... Salam olahraga bung!



Hanya beberapa belas meter saja setelah nyebrang dan inilah Sumber Mbureng.

Byuuuurrrrr... kesegaran air sumber Mbureng membasahi seluruh badan Bung Dhani, Kakak Indra, saya, Bung Basir, Bung Suci Waskito, Bung Jabblech, Om Febri kecuali Om Heru.





Setelah puas mandi di sumber Mbureng, kita menuju warung rujak cingur, di dekat warung kebetulan ada lori yang melintas. Dan momen ini tidak luput difoto, karena sudah lama juga gak melihat lori jalan dari dekat. :)



Rujak cingur, inilah sajian kuliner siang ini sayangnya luput fotonya tidak ada... mungkin karena saya bukan Andy Suryawan yg jeli membaca suasana.






Kembali ke Kota Malang kita putuskan untuk full onroad saja, karena sudah siang dan stamina menurun. Keluar aspal, dengan kondisi seperti foto diatas.




Setelah di hajar aspal dalam kondisi terik, berasap berikut perut yang kenyang dan siraman tenggorokan oleh air kelapa yang menyegarkan namun konon bikin lemas itu.

Dan sejauh kurang lebih sepanjang lima belas kilometer akhirnya kita sampai di gerbang Kota Malang, namun... ini baru gerbangnya saja. hehehe



Terimakasih telah membaca, selamat mencoba segarnya air Sumber Mbureng

Tulisan : Bung Ropen



Ayo siap-siap, satu dua tiga... byuuuurrrrrr....

Related

story 7356563687698411919

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow Us

http://twitter.com/weeklybikers http://facebook.com/weeklybikers http://feeds.feedburner.com/weeklybikers

newest

popular

Comments

VIDEO

@weeklybikers

Connect Us

Counter

item