Mengembalikan Kalori Dengan Jenang Srinthil

Tidak seperti wbcom biasanya, Tulisan ini adalah gowes di waktu lampau agak lampau sekali yaitu minggu 17/02/2013, dan bung Roim berbagi untuk wbcom karena rasa yang keluar dari sepiring Bubur Sumsum Kidul Pasar, oh iya... sumsum yang dimaksud di sini bukan sumsum sapi loh ya, melainkan Bubur sumsum yang diolah dari tepung beras yang dipadu dengan air santan.

Ibu penjual  bubur sumsum, Lokasi bubur sumsum kidul pasar berada tepat pojokan pertigaan Jalan Prof. M. Yamin, belakang Pasar Besar Kota Malang (Kidul Pasar). 

Komunitas Surgo (Suropati gowes) kali ini gowes kota-kota. Melalui ke Pendem, Samaan, Sukarno Hatta, Tunggul Wulung, Pendem, Junrejo, Dau, Merjosari, Veteran, Ijen, Alun-Alun, Pasar Besar yang berakhir di Kidul Pasar untuk makan Bubur Sumsum, kemudian pulang.

Belakang Unmuh, kondisi jalan beraspal, jika melirik ke kiri, seperti itulah viewnya. Dari(kiri ke kanan) Gunung,Kawi, gunung Butak dan Gunung Panderman, yang biasa disebut pegunungan Putri tidur. 

Bubur Sumsum Kidul Pasar, Kota Malang.
Diolah dari bahan utama tepung beras dipadu dengan air santan yang gurih, sedangkan untuk rasa manisnya ditambahkan dengan gula merah yang di cairkan. Di Kidul Pasar, Kota Malang ada seorang ibu penjual bubur sumsum menambahkan buburnya dengan ketan hitam dan jenang srintil/grendul.

Sudah yang ke 3 kali makan bubur di sini, 3 minggu sebelumnya pada saat bersepeda melewati Comboran menuju Kidul Pasar, secara tidak sengaja kami melihat ada penjual bubur sumsum. Sampai kami jadikan salah satu spot kuliner untuk bersepeda jarak pendek.

Setelah lelah gowes kami menyantap bubur sumsum rame-rame

 Apa itu jenang srintil/grendul?
Berbentuk bola-bola kecil yang dibuat dari bahan tepung ketan. Bola-bola inilah yang disebut grendul atau srintil. Sensasinya ada di gigitannya yang kenyal. Bubur sumsum berkuah santan dipadu dengan ketan hitam dan jenang srintil.

Jika gowes keliling kota Malang di minggu pagi, kuliner bisa menjadi pilihan untuk mengembalikan kalori. :)

Selamat Mencoba dan Salam Olahraga.


Penulis dan Foto: Bung Roim Surgo (Suropati Gowes) (copyleft)


Related

kuliner 8038030082382628703

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow Us

http://twitter.com/weeklybikers http://facebook.com/weeklybikers http://feeds.feedburner.com/weeklybikers

newest

popular

Comments

VIDEO

@weeklybikers

Connect Us

Counter

item