Tutur Welang Varian Terbaru

Kemacetan yang disebabkan banyaknya kendaraan bermotor adalah alasan mengapa orang di era sekarang memilih bersepeda sebagai sarana transportasi alternatif yang bisa dijadikan solusi. Sementara di bagian lain ada penghobi sepeda yang bahkan rela melakukan perjalanan lumayan jauh demi mendapatkan lokasi bersepeda yang ideal dimana jalur & permukaan tanahnya masih alami & jauh dari polusi. Rute dari Desa Tutur ke desa Welang merupakan rute yang telah populer untuk lingkup Jawa Timur. Penghobi sepeda dari Malang, Surabaya, Gresik hingga Blitar kerap dijumpai di sini biasanya pada akhir minggu. Melintasi pemukiman, hamparan hutan pinus & single track di sepanjang lereng adalah nilai plus yang telah membuat mereka jatuh hati & tak pernah bosan untuk kembali. Hanya saja, sebulan terakhir kemarin terdengar kabar dari beberapa teman yang mulai mengeluh bahwa kendaraan jenis jip dalam jumlah lumayan banyak sudah mulai merambah daerah ini. Banyak jalur yang rusak dan tidak layak lagi buat dilintasi sepeda hingga merekapun mulai bergegas melakukan upaya menyelamatkan track ini. Setelah dilakukan survey ternyata tidak sepenuhnya dari track ini rusak. Teman-teman dari berbagai komunitas sepeda dengan sejumlah penduduk disana bersukarela mencari jalur alternatif. Rute lama dari start hingga rumah getah tetap sama, setelah itu jalur selanjutnya dirubah. Nilai positifnya, dari sini didapat single track menurun yang lebih panjang hingga finish & pastinya membuat otot lengan & jari sedikit bekerja lebih keras. Banyak yang berpendapat varian terbaru ini lebih baik dari rute lama. Apabila anda sering mendengar istilah 'track Jokowi', inilah tempatnya. Entah siapa yang memulai, kita sepakat menyebutnya demikian karena para rider harus 'blusukan' untuk menemukan jalur ini. Berikut adalah kunjungan kami ketika mencicipi rute varian terbaru tersebut di minggu kemarin. Rombongan terpaksa terbagi menjadi 2 bagian disebabkan ada yang berhalangan. Yang pertama berangkat di hari Sabtu & sisanya di hari Minggu.
Mereka yang berangkat hari Sabtu. 

Tepat di spot rumah getah, ada kejutan besar. Seperti ada party kecil-kecilan dengan membakar sate di tengah hutan. Beruntunglah mereka yang berangkat hari Sabtu. (Fotografer: Mario)
BIR? Sepertinya acara ini sudah direncanakan sangat matang & rahasia..haha. (Fotografer: Mario)

Kabarnya hari itu 'Jokowi' sudah menghabiskan 3 buah ban dalam dari 3 sepeda. (Fotografer: Mario)



Rombongan yang berangkat hari Minggu.

Kalau biasanya selalu memberikan perintah, kali ini Captain America harus rela mengikuti instruksi Antony demi keselamatan bersepeda..hehe.  Ini adalah pengalaman pertamanya di Welang.

Antoni ketika melintasi sebuah jembatan.

Di separuh awal rute jalurnya masih licin & basah tapi masih layak dilewati sementara di separuh akhir kondisinya lumayan kering.

Bertemu dengan rider dari rombongan lain. Dari sekian banyak ini ada 1 rider wanita. Selamat mencari :)

Lingkungan bersepeda seperti itulah yang dimaksud. Semoga tulisan & gambar ini bisa bermanfaat. Harapannya adalah kelestarian track Tutur-Welang ini bisa terus terjaga mengingat lahan bagi pesepeda yang tiap tahun terasa semakin tergusur.













































































Related

komunitas 2186949101447366058

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow Us

http://twitter.com/weeklybikers http://facebook.com/weeklybikers http://feeds.feedburner.com/weeklybikers

newest

popular

Comments

VIDEO

@weeklybikers

Connect Us

Counter

item