Bertemu Siswa-siswi SD Alam Ar-Rohmah


Pagi itu di hari Sabtu, kami berempat bersepeda menyusuri rute Tegalweru, daerah di mana tempatnya masih hijau, sunyi & terpisah dari zona kota. Kalaupun ada kesempatan berpapasan dengan orang pastilah mereka petani yang sedang bekerja. Tapi di saat beristirahat di suatu tempat, kita dikejutkan barisan siswa-siswi berseragam kuning biru bertuliskan Alam Ar-Rohmah muncul beriringan lengkap dengan guru mereka. Lebih kaget lagi mereka berebut antri menyalami kami semua yg masih berbaring menarik nafas. "Pagi Om!" seru mereka. Indra, Fahmi & Gembong terlihat salah tingkah & seketika berdiri menyambut uluran tangan anak2 ini, sementara saya juga ikut sesekali menyalami sambil berusaha menarik kamera dari dalam tas. Kesempatan! hehe..
Tampaknya siswa siswi ini memang sengaja dibimbing oleh gurunya untuk belajar dengan cara terjun langsung mengenal alam lingkungan. Suatu hal yang mulai jarang terlihat di jaman sekarang, di saat dunia digital mulai merambah hingga kalangan anak2, belum lagi isu para guru yg diwajibkan membeli laptop, dsb. Memang, banyak ilmu dari negeri manapun bisa didapat hanya dengan duduk & browsing internet tapi tidak semua dari itu bisa dengan mudah diterapkan mentah-mentah. Filter yang kuat harus dipasang lebih dulu. Salah satu satu yg bisa dicontoh mungkin ya anak2 ini, berjalan menyusur hutan dgn tujuan beradaptasi terhadap lingkungan serta bersosialisasi dengan masyarakat setempat. Kegiatan semacam ini sepantasnya mendapat porsi lebih. Selain karena juga menyehatkan, pastinya juga lebih fun ketimbang seharian duduk di kelas, hehe.


"Pendidikan merupakan proses sosial. Karena itu pendidikan dalam suatu masyarakat berbeda dengan masyarakat lainnya, sesuai dengan karakter masyarakat itu sendiri." (Al Khalil Abu al-'Ainain, 1980:51)


Menjelang start di Fork Cafe, diiringi petikan gitar Bang Anas.


Rute 'downhill mini' Tegalweru di titik terendah, lama tak dikunjungi ternyata di sungainya sudah dibangun jembatan bambu.


Si kuda liar yang ternyata belum bisa dijinakkan pemiliknya..


Finish di sungai. Bersantai sebentar sebelum pulang.

Related

story 6691634252710125243

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow Us

http://twitter.com/weeklybikers http://facebook.com/weeklybikers http://feeds.feedburner.com/weeklybikers

newest

popular

Comments

VIDEO

@weeklybikers

Connect Us

Counter

item